Pilihlah jawaban yang paling benar !
1. Materi
yang
diajarkan oleh guru hendaknya cukup memadai dalam membantu
pesertadidikmenguasai kompetensi. Hal ini merupakan salah satu prinsip
pengembangan materi
pembelajaran, yaitu …..
a. Adequacy
a. Adequacy
b.
Konsistensi
c.
Relevansi
d.
Sistematis
e.
Komprehensif
2. Standar kompetensi dan kometensi dasar merupakan lampiran dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor …..
a.
22
tahun 2006
b. 23 tahun 2006
b. 23 tahun 2006
c.
24 tahun 2006
d.
19
tahun 2007
e.
20
tahun 2007
3. Perhatikan kegiatan-kegiatan berikut !
1) Analisis SK dan KD
2)
Pengembangan
RPP
3)
Penyusunan
soal ulangan harian
4) Pengembangan silabus
4) Pengembangan silabus
Kegiatan
yang sebaiknya dilakukan oleh MGMP sekolah adalah …..
a.
1
dan 2
b.
1
dan 3
c.
1
dan 4
d.
2
dan 3
e.
2
dan 4
4.
Standar
kompetensi dan kometensi dasar merupakan lampiran dari Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional nomor …..
a.
22
tahun 2006
b.
23
tahun 2006
c. 24 tahun 2006
d.
19
tahun 2007
e..
20
tahun 2007
5. Kompetensi yang harus dimiliki guru (pendidik) berdasarkan Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 adalah kompetensi …..
a.
Kepribadian,
pedagogik, professional, dan manajerial
b.
Kepribadian,
pedagogik, professional, dan sosial
c. Kepribadian, pedagogik, professional, dan
kewirausahaan
d.
Pedagogik,
professional, manajeria, dan sosiall
e.
Pedagogik,
kewirausahaan, professional dan social
6. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam …..
a.
SKL
mata pelajaran dan SKL satuan pendidikan
b.
SKL
mata pelajaran dan SKL Standar Kompetensi
c. Kompetensi Dasar dan SKL mata pelajaran
d.
Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
e.
Standar
Kompetensi dan SKL satuan pendidikan
7. Penilaian acuan keriteria yaitu penilaian yang menggunakan …..
a.
Kurva
normal untuk menentukan ketuntasan peserta didik
b.
Nilai
rata-rata untuk menentukan ketuntasan belajar
c.
Patokan
tertentu dalam menentukan ketuntasan peserta didik
d.
Konversi
nilai untuk mencapai ketuntasan belajar
e.
Trik-trik
tertentu untuk menentukan ketuntasan belajar
8. Sebagai seorang guru, perubahan pola piker apakah yang perlu anda lakukan ?
a.
Memfokuskan
pembelajaran dengan memberikan banyak latihan
b.
Menempatkan
peserta didik sebagai arsitek pembangunan gagasan
c. Meningkatkan peran peserta didik sebagai
konsumen gagasan
d.
Menentukan
standar kompetensi dan kompetensi dasar
e.
Membuat
perencanaan pembelajaran yang sangat rinci.
9. Apa yang seharusnya dilakukan sebagai hal terpenting pada tahap awal (pendahuluan) kegiatan pembelajaran ?
a.
Bertanya
kepada siswa “sampai dimana pelajaran kita minggu lalu?”
b.
Menyusun
rencana pelaksanaan pembelajaran
c.
Mengabsen dengan memanggil nama siswa satu
per satu
d.
Memeriksa
apakah siswa telah mengerjakan pekerjaan rumah
e.
Memotivasi
peserta didik agar siap mengikuti pelajaran
10. Berdasarkan standar sarana dan prasarana, kapasitas maksimal rombongan belajar untuk SMP dan SMA adalah …..
a.
40
peserta didik
b.
32
peserta didik
c.
27 peserta didik
d.
24
peserta didik
e.
20
peserta didik
11. Setiap guru wajib membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pernyataan ini merupakan amanah dari Permendiknas …..
a.
No.
22 tahun 2006 tentang Standar Isi
b.
No.
23 tahun 2006 tentang SKL
c. No. 19 tahun 2007 tentang Standar
Pengelolaan
d.
No.
20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian
Pendidikan
e.
No.
41 tahun 2007 tentang Standar Proses
12. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat guru dapat dipergunakan untuk....
a.
Satu
kali pertemuan atau lebih
b.
Satu
standar kompetensi atau lebih
c.
Satu kompetensi dasar atau lebih
d.
Satu
indikator atau lebih
e.
Satu
tema atau lebih
13. Jika anda diminta oleh kepala sekolah untuk melakukan supervisi akademik kepada salah seorang guru, apa yang seharusnya anda lakukan pada waktu pertemuan pasca observasi?
a.
Mendiskusikan
langkah-langkah kegiatan dan jenis alat peraga yang sebaiknya digunakan
b.
Memberitahu
guru agar dapat mengajar lebih baik dan tidak melakukan kesalahan lagi
c.
Meminta guru mengidentifikasi kekurangan dan
mengajukan alternative perbaikannya
d.
Mengamati
kegiatan belajar mengajar dan mencatat hal-hal yang perlu disampaikan
e.
Menyempurnakan
perangkat administrasi guru dan materi pokok yang akan diajarkan.
14. Salah satu upaya untuk mewujudkan kompetensi pedagogik yang dituntut dari seorang pendidik adalah …..
a.
Menampilkan
diri sebagai pribadi yang jujur dan berakhlak mulia
b.
Mematuhi
tata tertib dan menjunjung tinggi kode etik profesi pendidik
c.
Menumbuhkan
budaya mutu di lingkungan sekolah
d.
Melakukan
tindakan reflektif untuk meningkatkan pembelajaran
e.
Menjadi
teladan bagi peserta didik dan warga sekolah
15. Sebuah indicator berbunyi “siswa dapat mempraktekkan …..”. jenis penilaian yang sesuai untuk mengukur ketercapaian indicator tersebut adalah …..
a.
Tes
tertulis
b.
Unjuk
kerja
c.
Proyek
d.
Pilihan
ganda
e.
Essay
berstruktur
16. Sebuah KD, “menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh”. Kata kerja operasional yang dapat digunakan dalam indicator pencapaian KD tersebut antara lain …..
a.
Menjelaskan,
membuktikan, dan menafsirkan
b.
Menyebutkan,
menunjukkan, dan menjelaskan
c. Menjelaskan, mengatur, dan merangkai
d.
Mengingat,
menerapkan, dan merancang
e.
Membuktikan,
membedakan, dan mengkritik
17. Salah satu bentuk pelaksanaan pembelajaran pengayaan adalah pembelajaran tema, maksudnya adalah …..
a.
Pembelajaran
hanya dilakukan untuk kompetensi yang belum dikuasai siswa
b.
Peserta
didik belajar tentang suatu tema yang diminati secara mandiri
c. Memadukan kurikulum dalam tema besar dengan
menghubungkan berbagai disiplin ilmu
d.
Pembelajaran
dilaksanakan secara klasikal pada jam-jam pelajaran sekolah
e.
Pelaksanaan
pembelajaran dibatasi pada tema-tema tertentu yang esensial
18. Perhatikan pernyataan berikut :
1)
SKL
ujian nasional
2)
SKL
ujian sekolah
3)
SKL
mata pelajaran
4)
SKL
satuan pendidikan
5)
SKL
kelompok mata pelajaran
Standar kompetensi lulusan yang
terdapat dalam Permendiknas No. 23 tahun 2006 meliputi :
a.
1),
2), dan 3)
b.
1),
2), dan 5)
c.
2), 3), dan 4)
d.
2),
4), dan 5)
e.
3),
4), dan 5)
19. Sebuah indicator memiliki kriteri kompleksitas tinggi, daya dukung tinggi dan intake sedang, apabila penetapan KKM menggunakan poin/skor, maka KKm indicator tersebut adalah …..
a.
89
b.
78
c.
67
d.
56
e.
44
20. Komponen silabus mencakup semua ranah (kognitif, psikomotor, afektif), hal ini merupakan salah satu prinsip pengembangan silabus, khususnya ….
a.
Ilmiyah
b.
Relevan
c.
Sistematis
d.
Menyeluruh
e.
Konsisten
21. Berikut ini adalah silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan, kecuali….
a.
Silabus
mata pelajaran yang SK dan KDnya dikembangkan pusat
b.
Silabus
mata pelajaran tambahan yang dilaksanakan sekolah
c.
Silabus muatan local yang SK dan KDnya
dikembangkan oleh sekolah
d.
Silabus
kegiatan pengambangan diri yang dilaksanakan oleh sekolah
e.
Silabus
semua mata pelajaran yang dilaksanakan satuan pendidikan
22. Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat kepada peserta didik untuk memotivasi, mengembangkan kreatifitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian dan mendorong semangat belajar. Hal ini merupakan salah satu prinsip yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan RPP. Prinsip tersebut adalah ….
a.
Mendorong
partisipasi aktif peserta didik
b.
Memperhatikan
perbedaan individu peserta didik
c. Kebermanfaatan bagi peserta didik
d.
Ketercapaian
kompetensi bagi peserta didik
e.
Memberi
umpan balik dan tindak lanjut pada peserta didik
23. Kejelasan informasi dalam bahan ajar cetak merupakan salah satu criteria pada komponen …..
a.
Kegrafikan
b.
Kebahasaan
c.
Kebenaran isi
d.
Penyajian
e.
kebermanfaatan
24. Pak Riko guru TIK mengajarkan langkah-langkah mengirimkan e-mail. Materi pelajaran yang dikembangkan pak Rico tersebut termasuk dalam kategori materi…..
a.
Konsep
b.
Fakta
c. Prinsip
d.
Prosedural
e.
Pilihan
25. Jumlah maksimal rombongan belajar pada satuan pendidikan tertuang dalam ….
a.
Standar
Proses
b.
Standar
sarana dan prasarana
c.
Standar pengelolaan
d.
Standar
Pembiayaan
e.
Standar
Pelaksanaan Pembelajaran
26. Contextual teaching and learning (CTL) adalah salah satu pendekatan yang sangat dianjurkan dalam proses pembelajaran. Salah satu komponen dalam CTL adalah …..
a.
Teaching
community
b.
Learning
community
c.
Student
community
d.
Team
community
e.
Asking community
27. Harapan yang ditumpukan pada peserta didik melalui implementasi muatan lokal, diantaranya agar peserta didik dapat ….
a.
Bebas
memilih lingkungan social dan budaya yang ada
b.
Berinteraksi
dengan seluruh suku dan budaya yang ada di Indonesia
c.
Mantap menyongsong masa depan sesuai dengan
karakternya
d.
Melanjutkan
ke jenjang yang lebih tinggi dengan bekal keterampilan
e.
Menjadi
lebih akrab dengan lingkungan alam, social dan budaya daerah.
28. Penambahan empat jam pembelajaran per minggu dalam struktur kurikulum seharusnya dilakukan …..
a.
Untuk
mata pelajaran yang di UN kan
b.
Pada
mata pelajaran yang memerlukan praktik
c.
Melalui analisis kondisi masyarakat dan
lingkungan
d.
Dengan
memperhatikan standar proses
e.
Melalui
analisis standar isi, SK, dan KD
29. Jika seorang pendidik ingin mengukur ketuntasan seorang peserta didik pada saat proses belajar mengajar, maka yang menjadi acuannya adalah …..
a.
Penguasaan
materi pokok
b.
Kompetensi
yang tertuang pada KD
c.
Kompetensi yang tertuang pada indicator
d.
Nilai
akhir yang dicapai peserta didik
e.
Kreatifitas
peserta didik yang variatif
30. Salah satu prinsip penilaian hasil belajar peserta didik adalah terpadu, maksudnya bahwa penilaian …..
a.
Didasarkan
pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur
b.
Didasarkan
pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan
c. Dilakukan secara berencana dan bertahap
mengikuti langkah yang baku
d.
Merupakan
komponen yang tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
e.
Mencakup
semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai aspek yang sesuai.
31. Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan. Gaya belajar para siswa tersebut adalah....
a. impulsif
(menuruti dorongan kata hati)
b.
reflektif
(berfikir kemudian bereaksi)
c.
gaya
berfikir-terikat (field-dependent)
d.
gaya
berfikir-bebas (field-independent)
e.
ekstropet
32. Berikut adalah sumber daya pendukung yang harus dipertimbangkan untuk menentukan KKM, kecuali …..
a.
Dukungan
komite sekolah
b.
Sarana
dan prasarana
c.
Jumlah peserta didik
d.
Manajemen
sekolah
e.
Ketersediaan
tenaga pendidik
33. Berikut ungkapan yang sesuai dengan pelaksanaan Remedial Teaching adalah…..
a.
Dilakukan
sesuai dengan jadwal yang ditetapkan sekolah
b.
Dilakukan
setelah pelaksanaan ujian semester
c.
Nilainya tidak lebih dari nilai KKM
d.
Dilaksanakan
untuk memperkaya pengetahuan siswa
e.
Soal
yang diujikan merupakan soal yang telah diujikan sebelumnya
34. Pengembangan diri sebagai upaya pembentuak watak dan kepribadian serta pengembangan minat, bakat dan keunikan diri peserta didik dilakukan melalui kegiatan…..
a.
Pelayangan
bimbingan dan konseling dan kesiswaan
b.
Pelayangan
bimbingan dan konseling dan ekstra kurikuler
c.
Pelayangan bimbingan dan konseling dan
pembiasaan
d.
Kegiatan
ekstra kurikuler dan pembiasaan
e.
Kegiatan
kesiswaan dan ekstra kurikuler
35. Siswa-siswa yang peramah, penakut, teliti, mampu mengambil kesimpulan, jujur atau pendendam merupakan karakteristik dari ....
a.
Sikap
b.
Kepribadian
c.
Temperamen
d.
Sifat
e.
Mental
36. Berikut merupakan komponen silabus, kecuali …..
a.
Standar
kompetensi
b.
Kompetensi
dasar
c.
Tujuan pembelajaran
d.
Kegiatan
pembelajaran
e.
Materi
pokok
37. Pelaksanaan kurikulum di daerah perlu mempertimbangkan hal-hal berikut, kecuali….
a.
kesempatan
guru dalam berimprovisasi dan berkreasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran
b.
merancang
program remedial, pengayaan, dan percepatan belajar sesuai dengan kemampuan dan
kebutuhan siswa
c. pengembangan
atau penyusunan silabus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan setempat
d. melakukan
diversifikasi kurikulum sesuai dengan kemampuan daerah dan permintaan orang tua
e. penilaian
dilakukan dengan berpedoman pada acuan/kompetensi
38. Esensi dari pembelajaran remedial adalah …..
a.
Memberi
perlakuan khusus kepada peserta didik yang mengalami hambatan dalam belajar
b.
Melaksanakan
tes ulang bagi peserta didik yang belum tuntas dengan segera
c.
Memperbaiki
nilai peserta didik yang belum tuntas dengan memrikan tugas
d.
Memberikan
tes kepada peserta didik yang sudah tuntas untuk perbaikan nilai
e.
Memberikan
penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur sebelum tes ulang
39. Kegiatan pembelajaran dimana peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok dan ditanggapi kelompok lain disebut kegiatan …..
a.
Elaborasi
b.
Konfirmasi
c.
Eksplorasi
d.
Evaluasi
e.
Observasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar